5 Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh yang Sayang untuk Dilewatkan

TerryCallier.netOlahraga lari dikenal sebagai olahraga yang mudah dan murah. Kalian bisa memulai olahraga ini kapan saja dan dimana saja. Tidak ada waktu khusus untuk memulai olahraga ini, entah di waktu pagi, siang, sore, atau malam.

Walaupun sederhana, olahraga ini memiliki segudang manfaat yang pastinya akan membuat kalian lebih bahagia dan lebih sehat. Berikut 5 manfaat olahraga Lari bagi tubuh yang ayang untuk kalian lewatkan.

1. Memperbaiki mood dan memicu perasaan bahagia.

Foto oleh Jenny Hill di Unsplash

Jika kalian memiliki kebiasaan lari, seseorang akan merasa cendung lebih bahagia dibanding sebelum ia memiliki kebiasaan tersebut. Tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan menimbulkan perasaan bahagia.

Olahraga lari juga dipercaya mampu menangani depresi ringan hingga sedang. Olahraga ini memicu suasana positif bagi kesehatan mental kalian. Jadi, jika kalian berada di suasana hati yang buruk, olahraga lari bisa jadi alternatif terbaik bagi kalian.

2. Mengurangi berat badan berlebih.

Sumber: NYPost
Lemak yang menumpuk tentu saja tidak baik bagi kesehatan, cobalah berlari beberapa waktu untuk menguranginya dan rasakan betapa ringannya tubuh kalian setelah berlari. Semakin cepat dan jauh kalian berlari, semakin cepat pula lemak yang dibakar.

3. Baik untuk kesehatan otak.

Olahraga lari dipercaya dapat mencegah kalian mengalami pikun di hari tua. Orang yang rutin berlari dilaporkan memiliki ketajaman ingatan yang lebih baik dan lebih fokus saat mereka bekerja.

Kalian bisa memulai kebiasaan lari dari sekarang agar di masa yang mendatang, ketajaman otak bisa meningkat dan pastinya kemampuan berpikir bisa menjadi lebih baik.

4. Mencegah osteoporosis.

Perbedaan tulang sehat dan osteoporosis
Olahraga mampu mempercepat metabolisme dan perbaikan sel-sel dalam tubuh. Ketika kalian berlari, nutrisi yang didistribusikan akan menjadi lebih baik sehingga pembentukan sel-sel tulang dalam tubuh kalian akan lebih maksimal. Sel-sel tersebut akan memperbaiki jaringan tulang dan membuatnya lebih kuat dan padat.

5. Mencegah penyakit jantung.

Ketika kalian berlari secara rutin, kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat, dan lemak jahat akan menurun. Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang berlari secara rutin 50 menit dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Itulah 5 manfaat olahraga lari bagi tubuh yang sayang untuk dilewatkan. Kalian bis mencobanya saat ini juga dan rasakan secara lansgung manfaatnya. Jangan lupa kombinasikan kebiasaan larimu dengan pola makan yang sehat agar hasil yang diperoleh maksimal.

Sumber: aladokter, hellosehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *