Menghapus Kepalsuan dengan Menjadi Diri Sendiri

TerryCallier.net – Bagi saya, menjalani kehidupan akan lebih mudah jika menjadi diri sendiri dan berhenti berpura-pura menjadi orang lain. Saya merasa bahwa berpura-pura menjadi orang lain hanya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, tidak bahagia, dan tentunya sulit menikmati hidup.

Jangan Menjadi Orang Lain, Jadilah Diri Sendiri
Foto oleh Noah Siliman di Unsplash

Untuk menjadi diri sendiri memang harus melalui berbagai macam rintangan, mulai dari sulit adaptasi sampai sulit untuk mendapatkan teman. Namun, menjadi diri sendiri jauh lebih baik, karena saya tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain agar terlihat asik dan bahagia.

Perasaan bahagia menjadi poin penting agar kita bisa terus melanjutkan hidup dengan baik. Namun, apa jadinya jika kebahagiaan yang dirasakan adalah kebahagiaan palsu dan cenderung menghabiskan waktu untuk sesuatu yang sebenarnya bukan merupakan jati diri kita.

Saya belajar banyak hal mengenai menjadi diri sendiri. Saya merasa bahwa mencintai apa yang benar-benar sesuai dengan diri saya akan mencipatakan perasaan bahagia dan lebih mudah menikmati hidup.

Di pandangan saya, berpura-pura menjadi orang lain demi terlihat asik dan gaul merupakan hal yang tidak berguna dan cenderung membuat kita tidak berkembang. Saya mencoba mengerjakan apa yang saya cintai dan hasil yang saya dapatkan maksimal, serta saya merasa lebih nyaman dengan pekerjaan tersebut.

Dari apa yang saya amati, banyak orang di kehidupan ini cenderung mengubah dirinya agar diakui di lingkungan sekitarnya. Mereka cenderung mengejar popularitas, pengakuan diri, dan berusaha menjadi yang paling asik dibanding lainnya.

Mengejar popularitas menjadi terlihat bodoh ketika mereka mengubah diri mereka sendiri, apalagi mereka mengejar hal tersebut dengan prilaku yang menyimpang. Semakin tua seseorang bukannya menjadi lebih dewasa melainkan terlihat kekanak-kanakan.

Saya tidak menyalahkan orang populer yang ada di sekitar kita. Menjadi populer tidaklah salah, tetapi jika seseorang mengejar popularitas dengan prilaku negatif demi dikenal banyak orang, menurut saya hal itu tidak akan pernah membuat orang tersebut merasakan bahagia seutuhnya.

Berpura-pura menjadi orang lain biasanya timbul karena perasaan khawatir tentang pandangan orang lain terhadap diri kita sendiri. Perasaan khawatir inilah yang membuat manusia cenderung tidak bahagia dan kepribadiannya sulit berkembang. Cobalah bersikap bodoamat tentang pemikiran orang lain yang tidak sesuai dengan pemikiran kita. Kadang kita tidak perlu menghabisakan waktu untuk memikirkan apa yang orang lain katakan selama apa yang kita lakukan positif dan tidak merugikan mereka.

Ketika kehidupan terus berlanjut, penting rasanya untuk segera menemukan potensi diri dan pekerjaan apa yang benar-benar sesuai dengan diri kita masing-masing. Jangan biarkan orang lain memaksa kita menjadi sesuatu yang bukan jati diri kita. Jika kita mengikuti perkataan orang lain, dimana pendapat mereka tidak sesuai dengan kepribadian kita, maka makna hidup yang sedang kita jalani akan perlahan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *