Chernobyl (2019): Serial TV Terbaik Sepanjang Masa

TerryCallier.net – Bagi kalian yang kecewa dengan musim terakhir Game of Thrones, rasanya pihak HBO telah mengeluarkan obat melalui miniserinya yang berjudul ‘Chernobyl’. Serial TV  yang hanya memiliki 5 episode ini dengan kesempurnaannya mampu mengalahkan ‘Game of Thrones‘ dan ‘Breaking Bad’.

Secara mengejutkan, Chernobyl yang hanya berlabel miniseri tersebut mampu bertengger di urutan pertama rating terbaik di IMdB dengan skor 9,5. Sekilas, tayangan Chernobyl mungkin tidak semenarik serial TV lainnya yang memiliki storyline panjang dengan puluhan episode. Namun, dibalik itu semua, semua aspek yang ditampilkan di kisah ini bisa dikatakan hampir sempurna.

Salah satu TV Show paling sempurna yang pernah dibuat.

Pengguna internet sangat mengapresiasi dengan adanya miniseri ini, karena kisah ini bisa dibilang tidak memiliki cacat sedikitpun. Nilai tambahan juga diberikan HBO dalam memilih pemeran yang sangat mirip dengan tokoh aslinya serta kemampuan akting para aktor yang sangat luar biasa.

Berdasarkan kisah nyata

Chernobyl berkisahkan tentang perjuangan manusia melawan bencana buatan terbesar yaitu bocornya reaktor nuklir di dekat Kota Pripyat, Ukraina, pada 1986 lalu. Peristiwa tersebut pada saat itu nyaris mengancam ratusan juta penduduk di hampir seluruh bagian Eropa.

Kisah tentang bencana Chernobyl ini dibalut oleh HBO dengan suasana yang dramatis serta menegangkan. Chernobyl digarap dengan baik dengan menampilkan latar suasana era 80-an yang sangat mirip dengan suasana aslinya.

Latar tempat di film ini ditampilkan secara detail dan dibuat sama persis dengan tempat kejadian sesungguhnya. Suasana kota yang digambarkan juga dinilai sesuai dengan sejarah tanpa melebih-lebihkan ataupun menguranginya.

Aktor berbakat dan penokohan yang sempurna

Hal yang cukup mengejutkan ialah para aktornya yang dibuat sangat mirip dengan tokoh asli di kejadian sesungguhnya. Akting yang diperankan juga sangat mengaggumkan, hampir tidak ada cacat dalam penjiwaan tokoh yang membuat kita mampu merasakan seakan-akan kita hidup di suasana kejadian Chernobyl tersebut.

Amanat miniseri yang mengagumkan.

Secara umum, serial ini memberikan amanat bahwa apapun kebohongan yang dibuat manusia pasti tidak akan pernah mencapai kesempurnaan, tokoh utama pada seri ini juga menyampaikan pesan bahwa tidak ada yang jauh lebih utama dibandingkan menyampaikan kebenaran sesungguhnya.

Pendapat pribadi penulis.

Ketika pertama kali saya mengetahui miniseri ini menjadi viral, saya langsung menontonnya. Jujur seri ini sedikit membosankan di bagian awalnya, namun ketika insiden terjadi, ketegangan terus berlanjut hingga episode ke-4.

Di bagian akhir seri atau yang biasa dikenal sebagai final episode, kita akan menyadari mengapa rating seri ini begitu tinggi. Saya sangat menyukai slogan film ini yaitu “What is the cost of lies?” yang menunjukkan bahwa tidak ada gunanya menutup-nutupi kesalahan dan pada akhirnya hanya kebenaran yang akan terus bertahan.

Sumber: vice.com, ruinmyweek.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *